Aswata meraih penghargaan lagi sebagai “Excellence in Building and Managing Corporate Image” pada kategori Non-Vehicle Insurance dari Frontier Group untuk ke enam kalinya dalam ajang Corporate Image Award 2019 yang diadakan di Hotel Mulia, Jakarta 26 Juli lalu. Corporate Image Award adalah penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang mempunyai Corporate Image terbaik di kategori industrinya masing-masing berdasarkan survei independent yang dilakukan oleh Frontier Research. Pengukuran Corporate Image ini sudah dimulai sejak tahun 2000 dan tahun ini sudah memasuki tahun ke-19. Acara malam penganugarahan ini berlangsung atas kerjasama antara Frontier Group dengan Majalah Marketing selaku official media partner.
Dok.Aswata: Ibu M Th. Ratnawati Direktur Marketing & Sales Corporate Aswata mewakili serah terima penghargaan Corporate Image 2019
METODOLOGI SURVEI CORPORATE IMAGE 2019
Survei ini dilakukan terhadap empat kelompok responden, yaitu manajemen/pelaku bisnis, stock holder/ investor, jurnalis dan masyarakat publik. Kriteria responden di masing-masing kelompok adalah sebagai berikut :
- Kelompok manajemen adalah mereka yang mempunyai jabatan minimal manajer pada perusahaan barang/jasa dan berusia antara 30 tahun sampai 65 tahun.
- Kelompok investor adalah mereka yang pernah melakukan transaksi saham dalam satu tahun terakhir dan/atau saat ini menanamkan modal dalam bentuk saham, obligasi, atau reksadana pada perusahaan tertentu. Usia responden investor berkisar 30 tahun sampai 65 tahun.
- Kelompok jurnalis adalah mereka yang berprofesi sebagai jurnalis ekonomi dan industri (tidak termasuk jurnalis infotainment/hiburan) pada media massa, yang berusia di antara 25 tahun sampai 40 tahun.
- Kelompok publik adalah masyarakat umum dengan usia antara 25 tahun sampai 65 tahun dan minimal memiliki SES A dengan pengeluaran keluarga minimal Rp 6 juta tiap bulan.
Jumlah responden yang dilibatkan sebanyak 3000 responden terdiri dari 660 untuk panel Publik, 1140 Panel Manajemen, 1020 Panel Investor dan 180 Panel Jurnalis. Survei dilakukan dengan cara face to face interview. Metode pengambilan sampel face to face interview untuk responden manajemen, stock holder/investor dan jurnalis menggunakan purposive sampling dan untuk responden publik menggunakan multistage area random sampling Waktu pelaksanaan survei pada bulan Maret - April 2019.
Dok.Aswata : Ibu M Th. Ratnawati Direktur Marketing & Sales Corporate berpose dengan penghargaan
Pengukuran Corporate Image 2019 ini menggunakan empat dimensi dengan total atribut sebanyak 10 atribut diantaranya sebagai berikut :
No |
Dimensi |
Atribut Pengukuran |
1. |
Quality |
Perhatian terhadap konsumen tinggi |
Produk/jasa berkualitas tinggi |
||
Perusahaan yang dapat dipercaya |
||
Perusahaan yang inovatif |
||
2. |
Performance |
Perusahaan yang memiliki peluang untuk tumbuh dan berkembang |
Perusahaan yang dikelola dengan baik |
||
3. |
Responsibility |
Perusahaan yang peduli dengan lingkungan |
Perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial |
||
4. |
Attractiveness |
Perusahaan merupakan tempat kerja idaman |
Perusahaan memiliki karyawan yang berkualitas |
Corporate Image Index (CII) didapat dari rata-rata keempat dimensi Quality, Performance, Responsibilty dan Attractiveness. Penentuan pemenang untuk setiap kategori industri (perusahaan dengan Corporate Image Excellent) ditentukan berdasarkan skor CII yang merupakan rata-rata terboboti dari setiap kelompok responden dengan bobot manajemen 40%, stock holder/investor 30%, jurnalis 20% dan publik 10%. Perusahaan dengan Corporate Image Excellent merupakan perusahaan yang memiliki skor CII lebih besar dari 1 dan termasuk tiga besar dalam setiap kategorinya.
Dok.Aswata : Ketiga dari kiri Ibu M Th. Ratnawati Direktur Marketing & Sales Corporate
Klik untuk melihat website IMAC Award